Kamis, 06 Mei 2010

PROFESI DI BIDANG IT

WEBMASTER

Webmaster dan ruang lingkupnya
Untuk menggeluti bidang ini, yang pertama kali mesti anda fahami adalah tugas dan ruang lingkup seorang webmaster. definisi untuk istilah webmaster bermacam-macam, tapi itu tidak terlalu penting untuk dihafal. anda akan segera memahami penjelasan mengenai webmaster setelah anda mengetahui tugas dan cara kerjanya.

Untuk lebih kongkritnya, sejenak kita beralih ke dunia nyata. kita bayangkan internet adalah sebuah perumahan yang sangat luas. di perumahan tersebut terdapat jutaan bahkan milyaran rumah, dan setiap rumah mempunyai alamat yang berbeda satu sama lainnya. sebagai seorang webmaster, anda ditugaskan untuk mendirikan salah satu rumah, mulai dari memilih kapling yang kosong, menyiapkan bahan-bahan, membangun, merapikan, memberi warna agar tampak indah, mengisinya dengan perabotan, merawatnya agar tetap asri, serta menjaga keamanannya. banyak sekali bukan? ya tapi itulah tugas webmaster.

Untuk itu, pada batasan tertentu, webmaster bukan lagi individu, tetapi sebuah tim. secara logika pun sulit untuk membangun rumah serba sendiri, karna anda akan dituntut untuk menguasai berbagai bidang. Meski begitu tidak semua proses yang terjadi di dunia nyata dapat disamakan dengan dunia maya. pada kenyataanya, banyak webmaster yang memilih "sistim borong" untuk menghemat biaya. ia mengerjakan website serba sendiri dari awal sampai akhir.

Karna banyaknya pekerjaan yang mesti ditangani oleh seorang webmaster, untuk membangun sebuah website yang lebih kompleks di perlukan tim yang terdiri dari:
• Web Arsitek
Web arsitek seperti perancang bangunan, ia mempunyai tugas untuk membuat rancangan awal website. ia mesti orang yang telah mengetahui berbagai kategori website, sehingga dapat membuat skema situs yang baik, sesuai dengan fungsi dan kebutuhan website yang akan dibangun. web arsitek biasanya orang yang disewa oleh developer web, terutama untuk website-website besar yang memerlukan perancangan khusus.

• Web Designer
Sesuai dengan sebutannya, Web Designer adalah orang yang mendesain halaman-halaman website. namnya juga orang desain, tentu saja ia mesti memiliki jiwa seni. web Designer ini bertugas untuk menentukan desain, tata letak gambar, dan tipografi yang sesuai dengan website yang akan dibuat.

• Web programer
Agar sebuah website dapat berfungsi dengan baik, diperlukan seorang web programmer untuk membuat aplikasinya. web programmer bertugas membuat kode-kode program untuk menghubungkan halaman demi halaman serta fasilitas lainnya yang diperlukan pada website yang akan dibuat.

• Web administrator
Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas jalannya sebuah website. ia ditugaskan mengawasi perkembangan website dari waktu ke waktu.
selain yang disebutkan diatas, masih ada beberapa istilah untuk webmaster yang lebih spesifik, misalnya database administrator, HTML Cutter, content administrator, trainer, dan lain-lain.


Webmaster merupakan sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web (teknologi informasi). Seorang webmaster biasanya melakukan hal-hal sebagai berikut :
• Membuat materi / isi situs web
• Mendesain arsitektur situs web
• Menerapkan aplikasi situs web
• Membuat tampilan situs web
• Mengelola situs web
Secara garis besar tugas seorang webmaster adalah bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs agar tetap berjalan dengan baik.
Profesi webmaster terbagi lagi menjadi sub yang lebih kecil, diantaranya :

Web designer
Web desingner berfungsi mendesain halaman web. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang web designer adalah :
1. Dalam merancang halaman web perhatikan resolusi monitor pengunjung.
2. Penggunaan warna dan desain dirancang semenarik mungkin.
3. Mengikuti trend an ditujukan untuk kepuasan pengunjung.

Web Programmer
Web programmer biasanya menguasai beberapa pemograman web, seperti HTML, Javascript, ASP, PHP dll, seorang web programmer mempunyai tanggung jawab sebagai berikut :
1. Membuat coding agar dapat di compile oleh browser
2. Membuat, merancang dan mengelola basis data (database)
3. Menggabungkan antara desain dan program jadi satu dan membuat suatu system berjalan dengan baik

Web Animator
Web animator bertugas membuat animasi yang dapat menarik perhatian pengunjung. Dalam membuat animasi perlu diperhatikan rancangan website agar hasil akhir dari animasi bisa lebih menarik dan tidak memperburuk desain.

Web administrator
Web administrator bertanggung jawab atas berjalannya situs setelah selesai di buat. Tugas seorang web administrator dapat di jabarkan sebagai berikut :
1. Instalasi, konfigurasi, dan merawat hosting dan domain berjalan dengan baik
2. Menjaga keutuhan data dalam server
3. Mengatur account dan password untuk keperluan admin dan user
4. Mengatur keamanan server dan firewall

BY: DWI UTAMI 07110042

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar