Kamis, 06 Mei 2010

Profesi IT
Sistem Analis adalah orang yang mempunyai keahlian khusus dalam mengembangkan sistem informasi dan menerapkannya dalam organisasi di mana mereka bekerja. Kelompok ini biasa dianggap sebagai yang utama dalam pengembangan sistem, karena sukses tidaknya pengolahan data yang menghasilkan informasi yang bermutu tinggi, sangat tergantung pada kelompok ini. Dalam tugasnya seorang system analysts, mengadakan rancangan input dan menentukan output apa yang dikehendaki. {Program Description} yang ia susun diberikan kepada programmer.

Sistem Analis merupakan orang yang berperan dalam mengarahkan pengembangan sistem informasi. Dalam melaksanakan tugas ini seorang sistem analis haruslah bisa menyelaraskan tujuan dari sistem infomasi dengan tujuan perusahaan. Di sini dibutuhkan orang yang berorientasi pada bisnis serta teknologi.
Sistem Analis dapat mendesain sistem baru, baik hardware maupun software, atau menambah aplikasi software baru. Kebanyakan sistem analis bekerja pada pekerjaan yang spesifik seperti bisnis, akunting atau finance, serta bidang sains dan engineering.
Tugas Sistem Analis :
- Mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
- Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan pada sistem tersebut.
- Merancang perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.
- Menganalisis dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argumen tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari pemakaian sistem baru tersebut.
- Mengawasi semua kegiatan terutama yang berkaitan denga sistem yang baru
Sistem analis secara sistematis menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses organisasi. Dengan demikian peranan penting sistem analis :
- sebagai konsultan
- sebagai ahli pendukung
- sebagai agen perubahan


Wydia 07110044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar